Biden: Kemitraan strategis Indonesia-AS majukan prinsip demokrasi

by -154 views
biden:-kemitraan-strategis-indonesia-as-majukan-prinsip-demokrasi

Jakarta (ANTARA) – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan bahwa kemitraan strategis yang terjalin antara AS dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama dianut kedua negara.

“Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama kita anut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kita,” kata Biden dalam pesan yang disampaikan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Jakarta, Rabu.

Biden mendukung upaya bersama dengan Indonesia untuk mewujudkan masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Ia mengajak Indonesia untuk bekerja sama dalam mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan. Ia juga mendorong penguatan hubungan antar masyarakat yang mendasari kemitraan bersama.

Lebih lanjut, AS juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

Biden berharap kerja sama antara kedua negara dapat semakin diperdalam dan diperluas di tahun-tahun mendatang dan menyampaikan selamat atas peringatan Hari Kemerdakaan Indonesia ke-78.

“Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini,” demikian kata Biden.

Baca juga: Joe Biden ucapkan selamat kemerdekaan Indonesia ke-78 pada Jokowi
Baca juga: Presiden AS Joe Biden akan kunjungi Hawaii secepat mungkin
Baca juga: Joe Biden tampil beda dari tamu negara lainnya di Tahura Ngurah Rai

Pewarta: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *