Dubes ajak WNI di Portugal bangga di momen HUT ke-78 RI

by -242 views
dubes-ajak-wni-di-portugal-bangga-di-momen-hut-ke-78-ri

Jakarta (ANTARA) – Duta Besar Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso mengajak seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Portugal untuk bangga menjadi bangsa Indonesia pada momen HUT ke-78 RI.

Rudy juga mengajak WNI untuk bersinergi dalam melanjutkan pembangunan dengan semangat kerja sama, sesuai dengan tema peringatan HUT ke-78 RI, ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju.’

“Kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam yang salah satunya adalah menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati,” kata Rudy mengingatkan pentingnya kerja sama, saat dihubungi ANTARA, Kamis.

Selain itu, Rudy mengatakan bahwa sebagai rakyat Indonesia tetap perlu menjaga keutuhan NKRI sebagai wujud nasionalisme. Terlebih, kata Rudy, mengingat umur Indonesia yang telah mencapai 78 tahun.

Sementara itu, Rudy mengatakan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lisabon memaknai HUT kemerdekaan ke-78 RI untuk selalu optimistis dan terus berjuang memajukan kepentingan Indonesia, serta mempromosikan citra positif Indonesia sebagai bangsa yang pluralistis dan menjunjung tinggi toleransi beragama.

Adapun, kata Rudy, HUT ke-78 RI diperingati dengan mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih di KBRI Lisabon pada pukul 9.30 waktu setempat yang dihadiri sekitar 100 orang WNI.

Sedangkan petugas pengibar bendera terdiri dari tiga orang staf KBRI dan seorang pelajar Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Portugal sebagai perwakilan masyarakat Indonesia, kata Rudy.

Kemudian, dilanjutkan dengan seremoni pengerukan tumpeng kepada masyarakat Indonesia yang telah membantu kinerja KBRI dalam mempromosikan budaya dan produk-produk Indonesia di Portugal, kata Rudy menjelaskan.

“Kami juga mengadakan serangkaian perlombaan bagi WNI dan diaspora Indonesia, baik untuk dewasa dan anak-anak, yang bertujuan untuk memupuk kerja sama dan persatuan,” ujarnya.

Berdasarkan media sosial Instagram KBRI Lisabon, perlombaan diadakan sekitar pukul 11 waktu setempat dengan beberapa mata lomba seperti tarik tambang, tenis meja, hingga mewarnai.

Baca juga: KBRI Lisabon promosikan budaya Indonesia lewat kuliner di Portugal
Baca juga: Jokowi tersenyum dengar laporan progres pembangunan IKN di HUT RI

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Arie Novarina
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *