Dubes Azerbaijan apresiasi komitmen Indonesia jaga perdamaian kawasan

by -420 views
dubes-azerbaijan-apresiasi-komitmen-indonesia-jaga-perdamaian-kawasan

Jakarta (ANTARA) – Duta Besar Republik Azerbaijan untuk Republik Indonesia Jalal Mirzayev menyatakan bahwa komitmen Indonesia untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan menjadikan Indonesia sebagai mitra terpercaya dan andal di tataran internasional.

“Inisiatif dan pendekatan Indonesia untuk memediasi masalah internasional juga memungkinkan Indonesia untuk menjadi mitra terpercaya dan andal di kancah internasional,” kata Dubes Mirzayev kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan untuk menanggapi pidato Presiden Indonesia di Sidang Tahunan MPR 2023 yang menyebutkan bahwa Indonesia memperoleh kepercayaan yang tinggi dari masyarakat internasional berkat prinsip-prinsip demokrasi dan upayanya menjaga keragaman.

Mirzayev menegaskan bahwa kepercayaan masyarakat internasional terhadap Indonesia itu dibuktikan melalui kepresidenan Indonesia di forum Kelompok 20 Negara-negara Utama (G20) dan keketuaannya di ASEAN tahun ini.
Baca juga: Presiden Azerbaijan berharap negosiasi dengan Armenia capai perdamaian

Mirzayev lebih lanjut mengatakan bahwa Azerbaijan juga menyaksikan partisipasi aktif Indonesia dalam mengatasi dan mencari solusi bagi permasalahan global seperti makanan, energi dan perubahan iklim.

“Contoh terbarunya adalah peluncuran resmi Dana Pandemi serta Peta Jalan Transisi Energi Bali yang diwujudkan di bawah presidensi G20 Indonesia,” katanya.

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, Dubes Mirzayev menyampaikan ucapan selamat atas peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-78 dan harapan terbaiknya untuk masyarakat Indonesia.

“Semoga negara Anda selalu damai, makmur dan sukses terus,” katanya.
Baca juga: PM Armenia setuju lakukan pembicaraan damai dengan Azerbaijan

Terkait hubungan bilateral, Mirzayev mencatat bahwa kerja sama di antara kedua negara terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

“Tahun lalu kita merayakan 30 tahun hubungan diplomatik di antara negara kita, dan dalam memperingati hubungan ini, Kementerian Luar Negeri Azerbaijan dan Indonesia digelar,” kata Mirzayev.

Pertemuan tersebut memberi dorongan besar bagi pengembangan hubungan bilateral lebih lanjut, meski Dubes Mirzayev mengakui ada beberapa area yang perlu ditingkatkan.
Baca juga: Rusia sebut Azerbaijan dan Armenia siap akhiri blokade transportasi

Ia berharap akan ada kunjungan tingkat tinggi satu sama lain dalam waktu dekat. Sementara, ia juga menilai bahwa hubungan antar masyarakat memainkan peran penting dalam membentuk hubungan bilateral.

Untuk itu, Kedubes Azerbaijan di Jakarta berencana menggelar Hari Budaya Azerbaijan di Indonesia.

Mirzayev mengutarakan harapannya agar kerja sama di bidang energi alternatif, pertanian, ekonomi serta intensifikasi hubungan antarparlemen dapat ditingkatkan pada masa mendatang.

Baca juga: Dubes: Indonesia berencana buka penerbangan langsung ke Azerbaijan

Pewarta: Katriana
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *