Dubes RI untuk Kazakhstan: Indonesia punya kepercayaan yang tinggi

by -744 views
dubes-ri-untuk-kazakhstan:-indonesia-punya-kepercayaan-yang-tinggi

Jakarta (ANTARA) – Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan Fadjroel Rachman pada upacara peringatan HUT ke-78 RI di Astana  ikut menyampaikan pandangan Presiden Joko Widodo bahwa saat ini Indonesia memiliki kepercayaan yang tinggi di mata dunia. 

“Konsistensi menjunjung tinggi HAM, kemanusiaan, kesetaraan serta kesuksesan untuk menghadapi krisis dunia dalam tiga tahun terakhir kembali mendongkrak dan menempatkan Indonesia ke peta percaturan dunia”, kata Fadjroel dalam keterangan tertulis yang diterima pada Jumat.

Ia menyebutkan bahwa Presidensi G20 dan Keketuaan ASEAN juga menjadi momentum yang ikut mendongkrak citra Indonesia di mata dunia. 

Terkait HUT RI, KBRI Astana menyebutkan dalam keterangan tersebut bahwa upacara bendera pada Kamis (17/8) dihadiri oleh masyarakat dan diaspora Indonesia.

Upacara bendera dilaksanakan antara lain oleh pasukan paskibra yang berasal dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Kazakhstan. 
 
Acara peringatan HUT RI di Astana juga dimeriahkan dengan pesta rakyat, antara lain berupa berbagai lomba tradisional seperti bakiak, balap karung, dan joget kursi serta peragaan busana daerah.
 
Perayaan tersebut membawa kesan dan pesan yang dapat mengobati rasa rindu akan Indonesia melalui seluruh rangkaian kegiatan, kata KBRI. 

Made Dwika Jarianti, WNI asal Bali yang sudah tujuh tahun bekerja di Kazakhstan, mengaku bahagia karena dapat berkumpul bersama banyak warga negara Indonesia. 

“Acaranya keren, seru, bisa menikmati hidangan Indonesia, lombanya banyak, serta kekeluargaan sangat terasa,” katanya, seperti dikutip dalam keterangan tersebut. 

Salah satu penerima Beasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang) yang melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, Saniya Bazheney, mengapresiasi acara peringatan HUT RI.

“Terima kasih kepada KBRI Astana yang telah mengundang kami dan merasakan kemeriahan acara dengan hidangan tradisional Indonesia, seperti rendang, sate padang, es teh, tumpeng dan kerupuk membuat saya seakan sudah berasa di Indonesia”.

Baca juga: Konjen RI di Perth tegaskan pentingnya persatuan jelang Pemilu 2024

Baca juga: Radio terkenal Tunisia liput langsung upacara bendera di KBRI Tunis

Ragam hidangan nusantara ramaikan syukuran 17 Agustus di Vietnam

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *