Forkopimda Sukabumi bersama Polri gelar aksi tanam pohon serentak

by -568 views
forkopimda-sukabumi-bersama-polri-gelar-aksi-tanam-pohon-serentak

Untuk di Kota Sukabumi jumlah pohon yang ditanam empat ribu batang yang dilakukan secara bertahap hingga Oktober 2023.

Sukabumi, Jabar (ANTARA) – Forum Komunitas Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten dan Kota Sukabumi, Jawa Barat bersama unsur kepolisian menggelar aksi tanam pohon yang serentak dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia pada Rabu (23/8).

Penanaman pohon serentak se-Indonesia yang berpusat di Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini merupakan program Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk menghijaukan Indonesia.

“Untuk di Sukabumi sendiri kami menanam pohon 4 ribu batang yang dilakukan secara simbolis di Lapang Batalyon Pangrango Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi,” kata Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo di Sukabumi, Kamis.

Menurut Dedi, kegiatan ini bertema Polri lestarikan negeri dengan penghijauan sejak dini. Tujuan dari, penanaman pohon tersebut juga untuk mencegah atau mengantisipasi polusi udara.

Maka dari itu Polri bersama TNI dan menggandeng pemerintah dari tingkat daerah hingga pusat serta sejumlah pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon secara serentak pada Rabu ini, di mana kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit dari Pulau Inca, NTT.

Untuk di Kota Sukabumi jumlah pohon yang ditanam empat ribu batang yang dilakukan secara bertahap hingga Oktober 2023.

Diharapkan aksi seperti ini juga bisa dilaksanakan oleh berbagai elemen masyarakat sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya polusi udara. Pada kegiatan ini juga turut hadir Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan pihaknya tentu sangat mendukung upaya Polri tersebut dengan tujuan utama melestarikan lingkungan dan mencegah pencemaran udara.

Keberadaan pohon merupakan komponen yang penting untuk menjaga udara dari polusi. Maka dari itu, pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan hal yang sama atau minimal menjaga dan tidak merusak pohon yang ada.

Hal serupa pun dilakukan di wilayah Kabupaten Sukabumi, di mana unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi melakukan penanaman ribuan benih pohon keras di sepadan pantai tepatnya di Kampung Sukaratu Desa/Kecamatan Cikakak.

Aksi penanaman pohon dipimpin oleh Wakapolres Sukabumi Kompol Septa Firmansyah yang juga dihadiri oleh berbagai unsur forkopimda dan elemen masyarakat. “Kegiatan ini pun juga dilaksanakan serentak di 39 polsek yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi,” katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *