Gara-gara Monyet, Lahan Gunung Bongkok Terbakar

by -122 views
gara-gara-monyet,-lahan-gunung-bongkok-terbakar
TERBAKAR: Lahan di kawasan Gunung Bongkok yang terbakar akibat ulah monyet.

PURWAKARTA, RAKA – Peristiwa kebakaran lahan terjadi di Gunung Bongkok Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.
Jauhnya lokasi kebakaran sehingga menyulitkan petugas untuk memadamkan api. “Meski jauh dari pemukiman, kebakaran terus tetap ditangani oleh Damkar Purwakarta guna menghindari meluasnya area kebakaran,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Purwakarta Judy Juhdiana.
Pihaknya telah menerjunkan menurunkan satu unit kendaraan bersama empat personel. Sementara penyebab kebakaran di kawasan wisata itu disinyalir karena ulah monyet yang mengambil ayam bakar berikut baranya milik pendaki gunung.
Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono mengatakan, bahwa kebakaran di Gunung Bongkok terjadi saat grup pendaki sedang memasak ayam bakar. “Saat memasak itu, ada monyet yang menganggu dan mengambil ayam bakar beserta bara api dari para pendaki yang sedang memasak,” katanya.
Dia mengatakan, bara api yang dibawa oleh monyet tersebut mengakibatkan sejumlah rumput kering di lokasi kejadian terbakar. “Bara api yang dibawa oleh monyet itu menyebabkan kebakaran hutan terjadi. Sekitar 2.500 m2 lahan yang berada di Gunung Bongkok hangus terbakar,” katanya.
Tidak ada korban jiwa maupun luka atas insiden tersebut. Dua kelompok pendaki berhasil menyelamatkan diri dari peristiwa tersebut.
“Sampai sekitar puku 18.30 WIB, BPBD bersama Damkar Purwakarta masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman,” ujar Wibi. (gan)

Mang Raka

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *