Hoki Indonesia optimistis raih prestasi di Asian Games Hangzhou

by -633 views
hoki-indonesia-optimistis-raih-prestasi-di-asian-games-hangzhou

Jakarta (ANTARA) – Kapten tim hoki putra Indonesia Aulia Akbar Al-Ardh mengatakan optimistis bisa menorehkan prestasi di Asian Games 2022 Hangzhou, China, yang akan bergulir pada 23 September hingga 8 Oktober nanti.

Hal itu menyusul perolehan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja yang membuat mereka lolos kualifikasi menuju pesta olahraga terbesar di benua Asia tersebut.

“Meskipun kita memenangkan emas di nomor hoki indoor dan perunggu di hoki outdoor, apa yang tidak mungkin, ya (untuk meraih emas di Asian Games 2022 Hangzhou),” kata Akbar saat ditemui di sela latihan di Senayan, Jakarta, Rabu.

“Kita harus bisa tampil maksimal. Saya tidak mau berkecil hati untuk tim hoki Indonesia, karena mau tidak mau yang diberangkatkan oleh negara itu yang ditargetkan (dapat medali),” ujarnya.

Baca juga: Perjalanan hoki indoor Indonesia ukir sejarah di SEA Games 2023

Adapun Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) pada kesempatan yang sama menargetkan tim hoki Indonesia untuk meraih emas. Akbar mengaku tidak ingin menjadikan target tersebut sebagai sebuah beban bagi dirinya sendiri maupun tim.

“Bukan tertekan atau menjadi beban, tapi lebih ke sebagai pembelajaran untuk kita, tentang bagaimana hoki di Indonesia dan di internasional apa perbedaannya. Maka dari itu hoki modern-nya di internasional seperti apa,” kata atlet hoki asal Jawa Barat tersebut.

Terkait persiapan, Akbar mengatakan ia bersama tim dan pelatih sudah memiliki beberapa rangkaian jelang Asian Games mendatang. Beberapa di antaranya adalah melakukan training camp di Jakarta, hingga uji coba (try out) di luar negeri. Ia pun mengaku percaya dengan kemampuan skuad yang ia pimpin saat ini.

“Kalau untuk Asian Games, persiapannya sudah baik, ya. Maksudnya sudah bisa mengikuti ajang internasional karena dari beberapa orang di tim juga sudah sering bermain liga di luar negeri,” kata Akbar.

Setelah Asian Games 2022 Hangzhou, tim hoki Indonesia juga mempersiapkan diri untuk berlaga dalam Piala Dunia Hockey5s 2024 di Oman pada Januari. Akbar dan teman-teman mengatakan tidak sabar untuk menghadapi tim-tim tangguh seperti India, Malaysia, dan Jepang.

“Targetnya hasil yang maksimal, karena tidak ada yang tidak mungkin, kan?” ucapnya.

Baca juga: KOI dan Kemenpora apresiasi penuh perjuangan tim hoki indoor

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *