Jepang, ASEAN akan bahas ketahanan pangan pada KTT 50 tahun kemitraan

by -613 views
jepang,-asean-akan-bahas-ketahanan-pangan-pada-ktt-50-tahun-kemitraan

Tokyo (ANTARA) – Jepang dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berencana menegaskan komitmen terhadap peningkatan ketahanan pangan dalam keadaan darurat saat pertemuan puncak peringatan 50 tahun kemitraan kedua pihak, kata sejumlah sumber pemerintah pada Minggu.

Pertemuan yang akan berlangsung di Tokyo pada Desember itu akan membahas upaya Jepang untuk memperluas bantuannya kepada ASEAN, termasuk meningkatkan langkah-langkah melawan serangan siber, perubahan iklim, serta kerja sama di bidang keamanan maritim, kata sumber tersebut.

Jepang telah berupaya memperkuat kehadirannya di Asia Tenggara dan memperdalam hubungan dengan negara-negara berkembang Global South dalam upaya untuk melawan pengaruh China.

Sebelum KTT di Tokyo, para pemimpin Jepang dan ASEAN akan bertemu di Indonesia pada September untuk membahas peningkatan hubungan menuju kemitraan strategis komprehensif, kata sumber tersebut.

Jepang rencananya akan memperluas pelatihan dan bantuan teknologi ke ASEAN melalui program pemerintah dan swasta guna mempertahankan dan meningkatkan rantai pasokan pangan.

Baca juga: ASEAN-Jepang luncurkan kemitraan bidang inovasi dan keberlanjutan

Kedua belah pihak juga akan berkoordinasi untuk menghasilkan produk pertanian dan kelautan bernilai tambah tinggi sesuai permintaan konsumen.

Berkenaan dengan keamanan siber, Jepang berencana untuk memberikan pelatihan lanjutan kepada para peserta di Pusat Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber ASEAN-Jepang di Thailand, kata sumber tersebut.

Pemerintah Jepang juga berharap Tokyo-ASEAN dapat menyoroti pentingnya Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dalam pernyataan bersama yang akan diadopsi pada pertemuan puncak pada Desember.

Pada 2020, Jepang berjanji akan meningkatkan infrastruktur di kawasan ASEAN, antara lain dengan membina sekitar 1.000 tenaga kerja selama tiga tahun.

Sumber: Kyodo-OANA

Baca juga: ASEAN dan Jepang sepakat rencana kerja tangani kejahatan transnasional

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *