Kalahkan Iran, basket putri Indonesia naik ke Divisi A FIBA Asia Cup

by -25 views
kalahkan-iran,-basket-putri-indonesia-naik-ke-divisi-a-fiba-asia-cup

Jakarta (ANTARA) – Tim bola basket putri Indonesia keluar sebagai juara Divisi B FIBA Asia Womens Cup 2023 setelah mengalahkan Iran 55-54 dalam pertandingan final turnamen tersebut di Bangkok, Thailand, Sabtu.

Tak hanya pulang dengan titel juara, skuad Garuda pun mendapatkan promosi ke Divisi A FIBA Asia Womens Cup.

Dikutip dari laman resmi FIBA, kemenangan ini dinilai menjadi tahun yang bersejarah bagi Indonesia karena promosi tersebut adalah kali pertama sejak 1994, ketika format dua divisi diadopsi.

Kemenangan ini juga menyempurnakan prestasi tim basket putri Indonesia yang sebelumnya juga meraih medali emas pertama mereka di SEA Games 2023 Kamboja.

Kemenangan yang diraih Skuad Merah Putih berlangsung menegangkan karena Iran terus memperkecil selisih jarak menjadi satu poin saja dengan hanya beberapa detik tersisa dalam gim akhir.

Indonesia sempat melewatkan peluang lemparan bebas mereka, tapi menebusnya dengan sejumlah rebound, serangan efektif, dan tidak memberikan kesempatan kepada Iran untuk mengambil alih keunggulan.

Baca juga: Kalahkan Thailand, Timnas Putri sedikit lagi cetak sejarah Piala Asia

Nathania Orville memimpin Indonesia dengan mencetak 16 poin. Kim Pierre-Louis juga mencatatkan angka dengan menyumbangkan 11 poin dan 14 rebound.

Orville yang mencetak skor terbanyak bagi tim dinobatkan sebagai player of the game pada babak final ini.

Di sisi lain ada juga Yuni Anggraeni yang mencetak empat poin yang memicu laju krusial di kuarter keempat, serta Dewa Ayu Sriatha, Pierre-Louis dan Agustin Gradita Retong yang menjadi batu kokoh bagi tim.

Berdasarkan statistik dari FIBA, Iran hanya melakukan 39,5 persen dari upaya mereka di dalam wilayah permainan. Meski memiliki pertahanan dan permainan bola dengan baik, upaya tersebut masih belum tereksekusi dengan lancar untuk mendobrak semangat dan pertahanan tim Indonesia.

Selain itu, Indonesia telah menunjukkan performa impresif sejak babak penyisihan turnamen tersebut. Indonesia sebelumnya menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan atas Mongolia (69-52), Malaysia (60-55), dan Iran (65-56). Tak hanya itu, Indonesia juga tampil penuh energi di babak semifinal saat menumbangkan Thailand 65-57.

Baca juga: Tiket gim pembuka Piala Dunia FIBA 2023 ludes diburu penonton
​​​​​​​
Baca juga: Tiket Piala Dunia FIBA diskon 78 persen di HUT RI

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *