KBRI Bangkok gelar upacara peringatan HUT RI

by -699 views
kbri-bangkok-gelar-upacara-peringatan-hut-ri

Jakarta (ANTARA) – Kedutaan Besar Republik Indonesia Bangkok menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-78 di lapangan KBRI di Bangkok.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman menjadi inspektur upacara dan Kolonel Laut (T) Arie Cahyo Nugroho sebagai komandan upacara.

Sementara itu, 27 pelajar Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) bertugas sebagai pasukan pengibar bendera (paskibra) KBRI Bangkok, demikian menurut pernyataan dari KBRI Bangkok di Jakarta, Kamis.

Upacara bendera diikuti seluruh pejabat KBRI Bangkok, pegawai setempat, guru dan pelajar SIB, serta seluruh masyarakat dan Diaspora Indonesia di Thailand yang tergabung dalam berbagai simpul organisasi kemasyarakatan seperti Indonesia Diaspora Network Thailand (IDN), Indonesia-Thai Chamber of Commerce (INTCC), Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (PERMITHA) dan organisasi lainnya.

Upacara tersebut turut dihadiri sejumlah tim oficial dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) yang saat ini mendampingi Tim Nasional Basket Putri Indonesia untuk bertanding pada FIBA Asia Cup Divisi B di Bangkok.

Selain WNI, hadir pula warga Thailand, yaitu satu pleton pasukan dan marching band dari Royal Thai Army yang mengiringi penaikan bendera merah putih.

Sekitar 100 orang pelajar dari dua sekolah lokal di Bangkok yakni Sanampueng dan Santichon dan satu sekolah di Non Tha Buri Thamislam juga menjadi peserta upacara.

Momen sakral peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus itu ditandai dengan bunyi sirine dan pemukulan gong.

Pelajar Sekolah Dasar SIB yang menjadi paduan suara, juga sangat antusias menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan beberapa lagu nasional lainnya seperti Garuda Pancasila, Hari Merdeka, Di Timur Matahari, Indonesia Pusaka dan Padamu Negeri, seperti dikutip.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI di KBRI berlangsung sejak 10 Juni sampai 19 Juli. Sebelumnya, KBRI Bangkok telah mengadakan berbagai perlombaan dan kompetisi olahraga seperti tenis, tenis meja, bulu tangkis, bowling, memancing, catur dan juga perlombaan anak.

KBRI Bangkok berencana menyelenggarakan puncak peringatan HUT RI pada 19 Agustus dengan menggelar pesta rakyat, panggung gembira, bazaar makanan dan produk Indonesia serta tarian dan grup musik.

KBRI juga akan menggelar resepsi diplomatik bagi kalangan diplomatic corps dan instansi Pemerintah Kerajaan Thailand pada 29 Agustus mendatang.

Baca juga: Dubes RI untuk Korsel tekankan kolaborasi bangun Indonesia pada HUT RI
Baca juga: Presiden pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi pada HUT RI

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *