KBRI Seoul sambut 1.700 pramuka Indonesia ikuti Jambore Dunia

by -671 views
kbri-seoul-sambut-1.700-pramuka-indonesia-ikuti-jambore-dunia

Jakarta (ANTARA) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul menyambut kontingen pramuka Indonesia yang beranggotakan lebih dari 1.700 orang yang akan mengikuti Jambore Dunia ke-25 di SaeManGeum, Korea Selatan, Minggu (30/7).

“Selamat datang adik-adik Pramuka Indonesia di Korea Selatan. Suatu kebanggaan bagi keluarga besar KBRI Seoul yang sedang merayakan Peringatan 50 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korsel untuk menyambut kalian,” kata Duta Besar Gandi Sulistiyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Sulistiyanto berharap pengalaman dan pendidikan Pramuka Indonesia, serta Jambore Dunia nanti  membuka wawasan para anggota pramuka dan menyiapkan mereka menjadi pemimpin baik Indonesia maupun dunia, sejalan dengan Visi Emas 2045.

“Jambore Dunia merupakan kesempatan bagi adik-adik mengembangkan networking dan persahabatan dengan warga negara lain,” tambah Sulistiyanto.

1.579 orang anggota kontingen pramuka Indonesia ini dipandu oleh Ahmad Rusdi, Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas)/Ketua Komisi Kerjasama Dalam dan Luar Negeri.  Rusdi adalah mantan duta besar Indonesia untuk Yunani dan Thailand.

Baca juga: KBRI: Tidak ada korban WNI dalam banjir dan longsor di Korea Selatan

Rusdi berpesan agar pramuka Indonesia menjaga nama baik bangsa.

Menurut pemerintah Korea, jambore ini akan dihadiri lebih dari 43.000 pramuka dari 150 negara yang akan berada di area perkemahan SaeManGeum mulai 1 sampai 12 Agustus 2023. Acara ini juga akan dihadiri oleh Duta Kehormatan Pramuka Dunia Michael Sou.

Panitia jambore sudah menyiapkan berbagai acara di bawah tema besar Draw Your Dream, dalam program 4S dan ACT (Scouting for Life, Smart and Scientific, Safe and Secured and Sustainability and also Adventure, Culture and Tradition). 

Kwarnas sendiri telah mempersiapkan berbagai acara seperti pameran, Indonesia Food House, Indonesian Day, dan city tour.

Pada 14 Juli, Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso, di Istana Merdeka, yang melaporkan sejumlah acara yang akan digelar dan diikuti Kwarnas dalam rangka Hari Pramuka, termasuk Jambore Dunia.

Baca juga: KBRI Seoul adakan Festival Indonesia 2023 di Ansan

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *