KBRI Tokyo akan bantu pulangkan jenazah Josi ke Indonesia

by -680 views
kbri-tokyo-akan-bantu-pulangkan-jenazah-josi-ke-indonesia

Jakarta (ANTARA) – KBRI Tokyo akan membantu memulangkan jenazah WNI Josi Putri Cahayani yang ditemukan meninggal dunia di sebuah apartemen di Prefektur Gunma, Jepang.

“(Jenazah) saat ini masih dalam proses autopsi. Kita tunggu konfirmasi dari Kepolisian Jepang kapan jenazah bisa kita bawa pulang,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha dalam pesan singkat pada Jumat.

Judha menjelaskan autopsi dilakukan untuk memastikan penyebab kematian Josi yang berstatus pelajar di Jepang.

Kepolisian Gunma telah menangkap seorang warga Jepang berinisial KK yang merupakan penyewa apartemen tempat jenazah Josi ditemukan.

Pria yang diduga pelaku pembunuhan Josi itu ditangkap di sebuah stasiun kereta di Tokyo pada Kamis (24/8).

Judha menyebut bKBRI Tokyo  telah berkomunikasi dengan keluarga Josi untuk menginformasikan perkembangan penyelidikan kasus anak mereka itu.

Baca juga: KBRI tunggu hasil autopsi jenazah diduga WNI yang meninggal di Jepang

“KBRI akan terus memantau proses hukum terhadap KK dan membantu proses pemulasaraan dan repatriasi jenazah JPC sesuai permintaan keluarga,” kata Judha, mengacu inisial Josi.

KBRI Tokyo memastikan jenazah perempuan yang ditemukan di Prefektur Gunma pada Selasa (22/8) adalah WNI bernama Josi Putri Cahayani.

Berdasarkan informasi dari Indonesian Community in Japan (ICJ), Josi sudah meninggalkan Asrama Sekolah Bahasa Jepang (Nihonggo Gakkou) sejak dua pekan lalu dan terakhir menghubungi keluarga dan kawannya pada Kamis (17/8).

Kawan dan keluarganya berusaha menghubungi pihak yang dapat dilibatkan, seperti sekolah tersebut, lembaga pelatihan kerja (LPK) yang menaunginya, dan KBRI.

Josi terakhir terlihat bersama kenalannya warga negara Jepang berinisial KK dan KK ternyata memiliki catatan kriminal kasus pembunuhan pada 2017.

Baca juga: Polri terima informasi pelaku pembunuhan WNI di Jepang ditangkap

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *