Kebakaran hutan di Kanada tunjukkan tanda-tanda mereda

by -670 views
kebakaran-hutan-di-kanada-tunjukkan-tanda-tanda-mereda

London (ANTARA) – Kebakaran hutan dan lahan di British Columbia, Kanada, selama empat hari terakhir menunjukkan tanda-tanda mereda pada Minggu.

Situasi ini membawa harapan bagi petugas pemadam kebakaran yang berada di garis depan pertarungan heroik melawan api, tetapi pemerintah mengingatkan bahwa jalan masih panjang untuk mencapai pemulihan.

Lebih dari 35.000 warga provinsi Kanada barat itu terusir dari rumahnya, sehingga memaksa pemerintah pusat mengerahkan militer, sementara provinsi itu sendiri mengumumkan keadaan darurat.

British Columbia juga melarang warganya melakukan perjalanan yang tidak penting guna memastikan akomodasi yang memadai siap digunakan orang-orang yang terusir oleh kebakaran tersebut.

Provinsi di pantai Pasifik itu bisa saja diguyur hujan pekan ini akibat kelembaban yang disebabkan oleh Badai Tropis Hilary.

Pada Minggu, badai ini untuk pertama kalinya mencapai California, Amerika Serikat, sehingga membuat lega British Columbia yang berada dalam cengkeraman kekeringan akut.

Jason Brolund, Kepala Pemadam Kebakaran West Kelowna, salah satu daerah yang terdampak paling parah oleh kebakaran itu, menyatakan kondisi sudah membaik sehingga petugas damkar bisa agak rileks.

“Kita belum dihadapkan pada perilaku api yang luar biasa. Kita menghadapi hal-hal yang biasa kita lihat. Namun, kali ini kita menghadapi hal itu dalam skala yang sangat besar,” kata Brolund kepada Canadian Broadcasting Corp.

Meski demikian, dia mengingatkan hari-hari sulit masih akan menghadang.

Kebakaran hutan biasa terjadi di Kanada, tetapi penyebaran api dan skala kerusakan akibat kebakaran kali ini membuat bencana itu menjadi kebakaran terburuk di negara tersebut, yang oleh sejumlah pakar disebut akibat perubahan iklim.

Sekitar 140.000 km persegi lahan, yang kira-kira seukuran Negara Bagian New York, AS, hangus terbakar dan kabut asapnya mencapai Pantai Timur AS.

Para pejabat pemerintah memproyeksikan bahwa musim kebakaran bisa berlanjut sampai musim gugur nanti akibat berbagai kondisi seperti kekeringan yang terjadi di mana-mana.

Sekitar 2.000 km ke utara, kebakaran hutan mencapai Yellowknife.

Ibu kota Provinsi Northwest Territories (NWT) yang berada di pedalaman Kanada nan terpencil itu pun menjadi kota hantu berasap yang membuat hampir semua dari total 20.000 penghuninya terpaksa diungsikan.

Sekitar 400 personel angkatan bersenjata Kanada membantu pemerintah NWT dalam menangani api yang terus menyebar, kata Pertahanan Nasional Kanada pada Minggu. Kebakaran terus terjadi sekitar 15 km dari Yellowknife dan tidak diketahui kapan mencapai kota ini.

Pemerintah NWT mengatakan kepada wartawan pada Minggu bahwa belum ada rencana untuk memulangkan warga Yellowknife ke rumah mereka, kecuali keadaan sudah aman.

Sumber: Reuters

Baca juga: British Columbia terapkan pembatasan perjalanan akibat kebakaran hutan
Baca juga: Kemlu pastikan tak ada WNI jadi korban kebakaran hutan di Kanada

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *