KKP mengembangkan budi daya komoditas kakap putih di Riau

by -40 views
kkp-mengembangkan-budi-daya-komoditas-kakap-putih-di-riau

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan budi daya ikan kakap putih sebagai peluang usaha bagi masyarakat pulau kecil di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

“Di Kabupaten Kepulauan Meranti mempunyai perairan yang dengan salinitas atau kadar garam yang terlarut dalam air yang cocok untuk habitat kakap putih,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya (DJPB) Tb Haeru Rahayu dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Kabupaten Kepulauan Meranti, kata dia, memiliki wilayah laut yang luas dengan potensi budi daya perikanan sebesar 1.350 hektare, pakan yang berasal dari ikan rucah juga mudah dijumpai dengan harga terjangkau.

“Dengan harga jual mencapai Rp60 ribu-Rp70 ribu per kilogram, saya kira margin yang didapat para pembudi daya sangat besar, dan saya kira ini sangat layak sekali untuk dikembangkan,” katanya.

Ketua Koperasi Samudra Jaya Bersama Muhammad Rauf mengaku perekonomian meningkat signifikan sejak mengembangkan budi daya kakap putih.

Bahkan hal itu bukan hanya dia alami, namun juga anggota kelompoknya.

Ia mengaku peluang usaha kakap putih diperoleh usai mengikuti diskusi kelompok terpumpun tentang potensi budi daya kakap putih yang diselenggarakan oleh Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam sebagai perpanjangan tangan DJPB KKP dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam perhitungan kotor, budi daya kakap putih di keramba jaring apung (KJA) yang dikelola kelompoknya, sekali panen menghasilkan pendapatan sebesar Rp490 juta, sedangkan masa tebar hingga panen membutuhkan waktu delapan bulan.

Biaya operasional, seperti pakan, listrik, vitamin, dan probiotik, total yang dikeluarkan Rp3,8 juta.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *