KOI harap hoki Indonesia bisa teruskan capaian positif di Asian Games

by -545 views
koi-harap-hoki-indonesia-bisa-teruskan-capaian-positif-di-asian-games

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari berharap tim hoki Indonesia bisa meneruskan capaian positif mereka di SEA Games 2023 Kamboja pada Asian Games 2022 Hangzhou.

“Hari ini kami, KOI, mengunjungi tim hoki (outdoor) yang sangat membanggakan kemarin (di SEA Games 2023 Kamboja) mendapatkan peringkat ketiga. Mudah-mudahan ini bisa menjadi modal yang kuat karena mereka berangkat ke Asian Games bukan wildcard, tapi hasil kualifikasi dan lolos,” kata Okto saat mengunjungi latihan tim nasional hoki di Senayan, Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Okto menekankan kepada para atlet hoki Indonesia yang berangkat ke multievent seperti Asian Games Hangzhou yang akan bergulir pada 23 September hingga 8 Oktober nanti untuk terus mempertahankan kepercayaan diri mereka dan mempersiapkan kondisi mereka sebaik mungkin.

“Saya sampaikan ke semua, bahwa semua atlet yang berangkat ke mutlievent, cita-citanya harus satu, yaitu dapat emas. Tidak boleh cita-citanya dapat perak atau perunggu,” kata Okto.

“Ini bukan masalah realistis atau rasionalisasi, tapi masalah cita-cita, yang apa pun dapat terjadi di lapangan. Begitu begitu kuatnya persiapan, itu akan mendatangkan keberuntungan luar biasa dalam perjuangan,” ujarnya.

Baca juga: Hoki Indonesia optimistis raih prestasi di Asian Games Hangzhou

Hal itu ia nilai selaras dengan kejutan yang diberikan Aulia Akbar Al-Ardh dan kawan-kawan saat berlaga di Phnom Penh, bulan Juni lalu. Okto mengatakan, tidak ada yang menyangka bahwa tim hoki Indonesia akan membawa pulang medali emas untuk nomor indoor dan perunggu untuk outdoor. Tren positif itu pun berlanjut saat timnas melakoni babak kualifikasi Asian Games 2022 dan berhasil maju untuk bertandang ke China bulan depan.

“Semua ini bukan hanya keberuntungan semata, tapi karena mereka serius dan gigih dalam latihan, dan kita sangat aktif untuk mengadakan dan mengikuti kegiatan di kejuaraan internasional,” ucap Okto.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) Budi Sulistijono mengatakan persiapan timnas hoki sudah cukup optimal, dengan adanya training camp (TC) hingga potensi untuk melakukan uji coba (tryout) ke luar negeri.

“Persiapan dari tim field hockey ini dari kemarin selesai SEA Games dan kemudian ada babak kualifikasi. Selesai babak kualifikasi kita langsung TC di Jakarta. Saya melihat bahwa motivasi dan perkembangan atlet sangat luar biasa,” ujar Budi.

Baca juga: KOI dan Kemenpora apresiasi penuh perjuangan tim hoki indoor

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *