KRI Bima Suci jadi bintang tamu dalam Hanse Sail 2023

by -821 views
kri-bima-suci-jadi-bintang-tamu-dalam-hanse-sail-2023

Jakarta (ANTARA) – KRI Bima Suci menjadi bintang tamu dalam festival maritim terbesar di Jerman sekaligus festival kapal layar terbesar di dunia, Hanse Sail 2023, yang diselenggarakan di Warnemünde, Rostock, Jerman, pada 10-13 Agustus 2023.

Menurut siaran pers KBRI Jerman yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu, Minister President Negara Bagian Mecklenburg Vorpommern Manuela Schwesig secara khusus menyebutkan partisipasi KRI Bima Suci dalam sambutan pembukaan Hanse Sail 2023 pada Kamis (10/8).

Manuela mengatakan bahwa partisipasi KRI Bima Suci dalam Hanse Sail 2023 sangat mengesankan dan menjadi lambang pentingnya kerja sama internasional dalam menjaga perdamaian dan keamanan laut di seluruh dunia.

Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno juga menyampaikan sambutan dan terima kasih atas kerja sama antara Angkatan Laut Indonesia dan Jerman yang memungkinkan partisipasi KRI Bima Suci dalam Hanse Sail 2023.

Arif juga menyebutkan pentingnya kemajuan teknologi perkapalan bagi Indonesia sebagai negara maritim, yang juga perlu dibarengi dengan pembinaan generasi muda yang memiliki kecakapan berlaut, antara lain melalui pendidikan di TNI AL.

Di saat yang sama, Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M. Sati Lubis mengatakan bahwa KRI Bima Suci yang memiliki teknologi perkapalan terkini tersebut juga dimanfaatkan untuk mengajarkan cara berlayar tradisional, menggunakan layar, angin, dan arus air, serta navigasi menggunakan benda-benda langit.

Dengan demikian, diharapkan KRI Bima Suci yang memiliki panjang 115m dan tinggi tiang layar 56m tersebut bisa mencetak pelaut yang mampu menghadapi segala situasi.

KRI Bima Suci mendapat kehormatan bersandar di sebelah kapal latihan Angkatan Laut Jerman, Gorch Fock, dan melakukan Open Ship pada 10-12 Agustus 2023 untuk pengunjung Hanse Sail 2023.

Dalam acara pembukaan, para Taruna TNI AL yang menjalani pelatihan di KRI Bima Suci memperlihatkan keahlian mereka membawakan penampilan medley tarian Nusantara dan pertunjukan drum band.

Bettina Fust, pengelola Hanse Sail 2023, secara khusus memuji penampilan drum band KRI Bima Suci yang memadukan sajian musik dengan akrobatik selama hampir 30 menit dengan disaksikan ratusan penonton.

“Kami belum pernah melihat penampilan seperti ini di Hanse Sail sebelumnya”, ujar Bettina.

Selanjutnya, Pemerintah Indonesia menyelenggarakan resepsi di geladak kapal KRI Bima Suci dan para awak kapal dan Taruna TNI AL kembali memukau para pengunjung, baik melalui sajian berbagai masakan khas Indonesia, penampilan Bima Suci Band, maupun melalui berbagai lagu dan tarian tradisional.

Resepsi tersebut turut dihadiri oleh duta besar sejumlah negara lain untuk Jerman, antara lain Bangladesh, Meksiko, Sri Lanka, Filipina, dan Maladewa; perwakilan Pemerintah Mecklenburg Vorpommern, Komandan Pangkalan Angkatan Laut Jerman di Warnemünde, serta penyelenggara Hanse Sail 2023.

Baca juga: KRI Bima Suci menangkan 12 trofi dalam “The Tall Ship Races 2023”
Baca juga: TNI AL buka kesempatan warga Batam mengenal KRI Bima Suci
Baca juga: TNI AL dorong taruna berbakat seni tampil di KRI Bima Suci

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *