Lepas dari tekanan Brasil, Spanyol lolos fase Grup G

by -507 views
lepas-dari-tekanan-brasil,-spanyol-lolos-fase-grup-g

Jakarta (ANTARA) – Spanyol berhasil lepas dari tekanan Brasil dan lolos pada babak penyisihan Grup G untuk melanjutkan putaran kedua fase grup, usai menang dengan skor 78-96 di ajang Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Senin.

Brasil benar-benar membuat Spanyol kerepotan sejak awal pertandingan. Tim asuhan Gustavo De Conti menempel ketat poin yang dipimpin oleh Spanyol sejak kuarter pertama.

Namun Rudy Fernandez dkk berhasil memperlebar jarak dengan Brasil lewat tembakan tripoin. Pada babak pertama yang berakhir 42-50 untuk keunggulan Spanyol, tim asuhan Sergio Scariolo telah memasukkan tujuh bola dari total 15 upaya tembakan tiga angka, atau akurasi 47 persen.

Selepas turun minum, pertandingan masih saja berlangsung ketat. Brasil masih merepotkan tim Spanyol dan berhasil menipiskan jarak hanya tinggal lima poin tepat di akhir kuarter tiga.

Baca juga: Pantai Gading sebut kemenangan atas Iran sangat berarti

Leonardo Meindl mendapatkan tepuk meriah dari penonton Indonesia Arena karena mencetak tiga poin saat waktu pertandingan sudah berakhir atau buzzer beater.

Namun sang juara bertahan Piala Dunia FIBA 2019 itu menunjukkan kelasnya di kuarter empat dengan kembali meninggalkan Brasil hingga sempat mencapai 21 poin.

Brasil selalu bermasalah dengan turn over yang merugikan timnya sebanyak 22 Poin, dari 16 kesalahan yang menyebabkan perpindahan penguasaan bola.

Operan bola yang buruk dari Brasil selalu dimanfaatkan oleh Spanyol yang mencatat 12 kali steal. Sementara Brasil tak pernah mencuri bola dari juara bertahan.

Baca juga: Pantai Gading kandaskan Iran di Piala Dunia FIBA 2023

Willy Hernangomez menjadi top skorer bagi timnya dengan 14 poin , Santiago Aldama mencatatkan 15 poin, Juan Nunez 13 poin, dan Alberto Diaz 11 poin.

Sementara dari Brasil Bruno Caboclo mencetak 15 poin serta 11 rebound, dan Yago Santos 14 poin.

Brasil akan menjalani laga penentuan melawan Pantai Gading pada Rabu untuk lolos ke putaran dua fase grup. Kedua tim tersebut sama-sama mencatat satu menang dan satu kalah dalam dua laga terakhirnya. Baik Brasil ataupun Pantai Gading akan berusaha untuk menang guna bisa menempati peringkat dua klasemen Grup G.

Sementara Spanyol akan menghadapi Iran di hari yang sama. Pertandingan tersebut tidak berpengaruh terhadap kedua tim karena Spanyol sudah pasti lolos dan Iran telah gugur usai menelan dua kekalahan beruntun di Grup G.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *