Menang atas Iran, timnas putri Indonesia ke semifinal Piala Asia FIBA

by -591 views
menang-atas-iran,-timnas-putri-indonesia-ke-semifinal-piala-asia-fiba

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional bola basket putri Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia FIBA Putri 2023 Divisi B seusai mengalahkan Iran dengan skor 65-56 dalam laga yang digelar di Nimbutr Stadium Bangkok, Thailand, Selasa.

Dengan kemenangan tersebut, timnas basket putri Indonesia telah mengalahkan seluruh lawannya pada babak penyisihan Grup A dan berhak ke semifinal.

Sebelumnya, Henny Sutjiono dan kawan-kawan telah mengalahkan Mongolia 69-52, dan Malaysia dengan skor 60-55. Dengan tiga kemenangan beruntun tersebut, Indonesia berhak menduduki peringkat pertama klasemen Grup A dengan 6 poin.

Timnas putri tidak mendapatkan kemenangan atas Iran dengan mudah. Berdasarkan statistik pertandingan yang dikutip dari laman resmi FIBA, pada awal laga Indonesia sempat memimpin 19-13 di kuarter pertama.

Pada kuarter dua, Iran mulai menyusul dan Indonesia hanya bisa mencetak delapan poin di kuarter itu. Hal itu membuat Iran membalikkan keadaan walaupun hanya unggul satu poin, yakni 27-28.

Baca juga: Timnas basket segera gelar latihan persiapan Piala Asia 3×3

Pada kuarter tiga, persaingan ketat dipertontonkan oleh kedua tim. Indonesia dan Iran saling mengejar perolehan poin. Namun, Iran masih memegang kendali di akhir kuarter tiga dengan skor menjadi 40-44.

Di kuarter terakhir, para srikandi basket Indonesia tampil dominan dengan mencetak 24 poin, sementara Iran hanya diberikan kesempatan menambah 12 poin.

Lagi-lagi Kimberley Pierre-Louis tampil paling baik dengan 26 poin, 15 rebound, 5 assist, 3 steal, dan 2 blok. Clarita Antonio kembali menjadi pencetak poin terbanyak kedua dengan sembilan poin, dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma menambahkan delapan poin.

Dari kubu Iran, pencetak poin terbanyak adalah Negin Rasoulipour khameneh dengan 16 poin, dan Faezeh Shahriari 12 poin.

Selanjutnya, Timnas Basket Putri akan melakoni laga semifinal pada Jumat (18/8). Lawan Indonesia ditentukan dari pemenang antara Malaysia dan peringkat dua klasemen Grup B yang akan beradu pada babak kualifikasi menuju semifinal.

Baca juga: Sosialisasi jadi tantangan songsong Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *