PB Percasi buka pendaftaran Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional

by -529 views
pb-percasi-buka-pendaftaran-festival-catur-pelajar-tingkat-nasional

Jakarta (ANTARA) – BPK Penabur bersama Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) membuka pendaftaran Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 mulai 2 September.

Dilansir dari keterangan resmi, Sabtu, Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 dilaksanakan secara onsite serentak di empat kota, yakni Bandar Lampung, Bandung, Cirebon, dan Jakarta, serta enam arena yakni Kompleks Perintis Bandar Lampung, SMAK 1 dan Kompleks Holis Bandung, Kompleks Cipto Cirebon, SMAK 1 dan SMAK Harapan Indah Jakarta. Sementara untuk final akan dilaksanakan di kompleks SMAK 1 Penabur Jakarta.

“Festival ini terbuka untuk umum dan boleh diikuti oleh siswa/I TK, SD, SMP, dan SLTA di seluruh Indonesia. Festival ini tidak dipungut biaya atau gratis. Diharapkan 1.400 peserta bisa ikut terlibat dalam turnamen ini,” kata Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi.

Nantinya para peserta dapat mendaftar melalui laman laman resmi BPK Penabur di

https://bpkpenabur.or.id/events/festival-catur-2023

atau menghubungi kontak di bawah

https://bit.ly/FCPTN_2023

kemudian mengisi formulir pendaftaran daring yang tersedia.

Setelah melakukan pendaftaran, para peserta akan mendapatkan coaching clinic pada tanggal 20 dan 27 Agustus 2023. Adapun acara pembukaan akan berlangsung pada 2 September.

Arsip – Para peserta lomba Festival Catur Pelajar 2022 yang dilaksanakan di SDK Penabur Cirebon, Jawa Barat (ANTARA/HO-PB Percasi)

Satu pekan berselang para peserta mulai memasuki babak penyisihan. Sementara untuk babak final, penutupan serta penyerahan penghargaan akan digelar pada 16 September 2023 mendatang.

“Acara ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi bagi komunitas catur di Indonesia serta menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mengembangkan minat dan kemampuannya di bidang catur. Untuk itu BPK Penabur dan PB Percasi mengundang seluruh pecatur di Indonesia, baik profesional maupun amatir, untuk berpartisipasi dan menunjukkan kemampuannya. Hadiah yang menarik serta peluang untuk mendapatkan gelar sebagai juara nasional menanti para pemain terbaik,” tambah Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya.

Kejuaraan yang diadakan setiap tahun ini menjanjikan kompetisi yang ketat dengan partisipasi para pecatur terbaik dari seluruh penjuru Tanah Air.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional ini telah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut. Pertama kali di tahun 2020 yang dikenal dengan Penabur Online Chess Festival. Dilaksanakan secara online dan diikuti oleh 1054. Pesertanya terdiri dari seluruh jenjang pendidikan yang ada di BPK Penabur, yakni SD, SMP, SMA serta para alumni, guru, dan karyawan BPK Penabur.

Pada tahun 2021 Penabur Online Chess Festival berubah menjadi Festival Catur Pelajar Nasional. Ajang kedua itu digelar secara daring dan diikuti 1.365 pelajar dari 24 provinsi di seluruh Indonesia, mulai dari pelajar SD, SMP, hingga SMA. Dan suatu kebanggaan karena Festival Catur Pelajar Nasional ini memperoleh Penghargaan MURI Sebagai peserta terbanyak catur pelajar daring pertama di Indonesia.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional ketiga dilaksanakan di tahun 2022, diikuti 1.393 siswa dari 601 sekolah di 22 provinsi. Festival tersebut juga mendapatkan penghargaan MURI kedua karena keberhasilan dalam melaksanakan catur secara daring di seluruh Indonesia.

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *