Pemprov siap sambut kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Sulteng

by -5 views
pemprov-siap-sambut-kunjungan-kerja-presiden-jokowi-ke-sulteng

Palu (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) beserta pihak terkait siap menyambut kunjungan kerja (kunker) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke daerah itu.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Sulteng Rudi Dewanto dalam keterangan tertulis diterima di Palu, Senin, mengatakan rapat koordinasi wilayah (rakorwil) dalam rangka pelaksanaan kunjungan kerja Presiden Jokowi ke daerah itu telah dilaksanakan pada Minggu (24/3).

“Kami berharap agar kunjungan kerja Presiden Jokowi dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan pihak paspampres dan protokol istana,” katanya.

Presiden Jokowi diagendakan melaksanakan kunjungan kerja ke sejumlah kabupaten di Sulawesi Tengah selama dua hari, 26-27 Maret 2024, untuk meninjau dan meresmikan hasil pembangunan infrastruktur.

Oleh karena itu, ia mengatakan Pemprov Sulteng dan pemerintah kabupaten dan kota yang dikunjungi, berupaya meningkatkan koordinasi bersama pihak-pihak terkait lainnya.

Rapat tersebut dihadiri pihak Biro Protokol Sekretariat Presiden Muh Syaiful, Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta, Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Pettalolo, Asisten II Sekda Kabupaten Donggala Sofyan Dg. Malaba, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulteng.

Selain itu, Bupati Banggai Amiruddin Tamoraka, Penjabat Bupati Banggai Kepulauan Ikhsan Basir Nurdin, Bupati Toli-Toli Amran H Yahya, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto, dan Karo Ops Polda Sulteng Kombes Pol Ferdinand, serta pemangku kepentingan lainnya.

Baca juga: Polres siagakan ratusan personel amankan kunker Jokowi di Banggai

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengharapkan pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota bersama TNI/Polri dapat mempersiapkan seluruh agenda kunjungan kerja Presiden RI dengan baik.

Korem 132/Tadulako dan Polda Sulteng siap mengerahkan sekitar 5.000 personel gabungan TNI dan Polri untuk mengamankan kunjungan tersebut.

“Kita berharap seluruh agenda kunjungan kerja Bapak Presiden Jokowi dapat berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Kota Palu menggunakan pesawat kepresidenan pada Selasa (26/3). Selanjutnya, Presiden Jokowi ke Kabupaten Banggai untuk transit, dilanjutkan ke Kabupaten Banggai Kepulauan dalam rangka meresmikan proyek pembangunan ruas jalan Inpres Jalan Daerah (IJD) serta meninjau Pasar Salakan.

Pada tanggal yang sama, Presiden Jokowi kembali ke Banggai dan bertolak ke Kota Palu untuk meresmikan lima bandara, yakni Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Bandara Prins Mandapar Banggai Laut, Bandara Taman Bung Karno Siau, Bandara Bolaang Mongondow, Bandara Panua Pohuwato di Gorontalo.

Setelah meresmikan bandara, Presiden bersama rombongan menuju RSUD Anutapura Palu guna melakukan peresmian proyek-proyek revitalisasi pascabencana 2018, yakni RSUD Anutapura Palu, UIN Datokarama Palu, serta hunian tetap di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Pada hari kedua kunker di Sulteng, Rabu (27/3), Presiden Jokowi diagendakan meresmikan proyek pembangunan KSOP Teluk Palu, yang terdiri atas tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Wani, dan Pelabuhan Gonenggati.
 

Selanjutnya, Jokowi menuju lokasi irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi untuk meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi di Gumbasa.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *