Pengembangan UIN Surakarta, Kemenag Terima Hibah Lahan 10 Hektar dari Pemkab Karanganyar

by -512 views
pengembangan-uin-surakarta,-kemenag-terima-hibah-lahan-10-hektar-dari-pemkab-karanganyar

Sekjen Kemenag Nizar dan Bupati Karanganyar tandatangani kesepakatan Optimalisasi Pelayanan Pendidikan dan Keagamaan

Jakarta (Kemenag) — Kementerian Agama menerima hibah lahan seluas 10 hektare lebih dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Hibah lahan ini menjadi bagian dari tindaklanjut kesepakatan kedua pihak untuk bekerja sama dalam peningkatan layanan pendidikan.

Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan tentang Optimalisasi Pelayanan Pendidikan dan Keagamaan di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Nota kesepakatan ini ditandatangani oleh Sekjen Kemenag Nizar Ali dan Bupati Karanganyar Juliyatmono di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat No-3-4 Jakarta pada Jumat (11/8/2023) petang.

Lahan seluas 10 hektare lebih ini akan digunakan untuk pengembangan dan pembangunan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.

Bupati Karanganyar Juliyatmo mengatakan rencana kerja sama ini sebenarnya sudah dijajaki sejak era Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (LHS) dalam upaya pengembangan kampus UIN Raden Mas Said yang kala itu masih berstatus IAIN.

“Hubungan Pemkab Karanganyar dengan Kemenag sudah terjalin lama dan berjalan cukup baik. Sebenarnya rencana hibah lahan kepada Kementerian Agama sudah dijajaki sejak era Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan alhamdulillah hari ini terwujud. Ini momen bersejarah bagi kami dalam upaya bersama menjadikan Kabupaten Karanganyar sebagai pusat pendidikan,” kata Yuliyatmo.

“Mudah-mudahan ini bermanfaat untuk generasi mendatang dan kami berharap kepada Rektor UIN Raden Mas Said dan Kementerian Agama untuk segera menindaklanjuti kesepakatan ini dengan membangun kampus baru dan rektorat di Karanganyar,” sambungnya.

Hadir dalam penandatangan kesepakatan, Sekdakab Karanganyar bersama jajaran Asisten dan Kepala Dinas serta Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta. Sementara dari Kemenag tampak Kepala Biro Keuangan dan BMN dan Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri.

Sekjen Kemenag Nizar dalam kesempatan itu mengapresiasi kedermawanan dan visi Bupati Karanganyar dalam penegembangan kampus UIN Raden Mas Said.

“Atas nama Sekjen Kementerian Agama saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Karanganyar yang memiliki visi yang luar biasa. Kita punya komitmen kalau sudah menerima hibah artinya kami siap untuk membangun. Apalagi UIN Raden Mas Said berpotensi besar menjadi besar dengan berbagai keunggulan salah satunya tingginya minat mahasiswa, ragam fakultas dan dukungan pemerintah daerah,” kata Nizar.

Sekjen pun mengusulkan, rencana pembangunan gedung kampus UIN Raden Mas Said di Karanganyar menggunakan arsitektur kearifan budaya setempat, termasuk dalam pemberian nama-nama gedung.

“Selain mengunakan arsitektur budaya Jawa Karanganyar, yang perlu diperhahatikan ke depan adalah kebermanfaatan kampus UIN Raden Mas Said bagi warga Karanganyar. Jangan sampai mencerdaskan orang di luar Karanganyar dan lupa mencerdaskan anak-anak Karanganyar. Tentunya ini dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa asal Karanganyar,” tegas Sekjen.

“Sekali lagi terima kasih atas kedermawanan Bupati Karanganyar dan visi yang luar biasa ini yang tentu akan membangkitkan dunia pendidikan di Karanganyar serta multiplier effect bagi Kabupaten Karanganyar.

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *