Perubahan strategi bawa Ana/Tiwi menuju 16 besar Kejuaraan Dunia

by -642 views
perubahan-strategi-bawa-ana/tiwi-menuju-16-besar-kejuaraan-dunia

Jakarta (ANTARA) – Ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi melenggang ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 di Denmark, Rabu, seusai mengalahkan wakil Prancis, Margot Lambert/Anne Tran 23-21, 21-11.

Ana/Tiwi mengatakan, kunci utama dari kemenangan mereka adalah perubahan strategi di gim pertama yang mereka nilai cukup efektif sehingga bisa mendorong kepercayaan diri mereka saat berlaga.

“Pada gim pertama, kami belum menemukan pola permainan. Kami bermain kurang baik. Pada gim kedua, kami mengubah pola permainan. Hasilnya, polanya bisa masuk dan lancar bisa memenangi pertandingan,” kata Ana dalam keterangan tertulis PBSI.

Tiwi menambahkan, keadaan menjadi semakin mudah di gim kedua karena ganda putri peringkat 18 dunia itu lebih yakin dalam menempatkan bola dan melancarkan serangan kepada Lambert/Tran.

“Alhamdulillah bisa bermain baik. Di gim pertama memang kami belum bisa tampil baik. Terbukti harus bermain sampai terjadi setting. Namun setelah itu kami bisa main baik dan menang. Di gim kedua, kami berada di posisi yang menang angin. Kami bisa menyerang lebih enak,” ujar Tiwi.

Dengan kemenangan ini, maka Ana/Tiwi akan berjumpa dengan wakil Thailand Rawinda Prajongjai/Jongkolphan Kititharakul di babak 16 besar turnamen yang digelar di Royal Arena Copenhagen, Denmark tersebut.

Saat disinggung mengenai strategi untuk menghadapi ganda putri peringkat delapan dunia itu, Ana/Tiwi mengatakan bakal mempelajari seperti apa pola permainan lawan terlebih dahulu.

“Untuk bertemu Rawinda/Jongkolphan di babak 16 besar, kami akan mempelajari dulu cara main lawan dengan menonton rekaman video lawan. Juga akan diskusi dengan pelatih. Yang pasti, kami siap capek saja,” kata Ana.

“Terakhir dalam pertemuan di Kejuaraan Asia 2023 di Dubai, kami bisa bermain cukup ketat sampai rubber game. Kita akui, lawan juga sangat kuat. Tak mudah menembus pertahanan lawan. Perlu stamina yang baik untuk menghadapi mereka,” ujar Tiwi menambahkan.

Sementara itu, Indonesia masih memiliki wakil lainnya di sektor ganda putri, yaitu Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang akan menghadapi wakil Belanda, Debora Jille/Cheryl Seinen di babak 32 besar.

Sebelumnya, ganda putri Indonesia lainnya yakni Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari harus mengakui keunggulan ganda putri terbaik dunia saat ini, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, dengan skor 5-21, 8-21.

Baca juga: Performa Ana/Tiwi di Australian Open dapat nilai positif dari pelatih
Baca juga: Rinov/Pitha susul langkah Rehan/Lisa ke 16 besar Kejuaraan Dunia
Baca juga: Rehan/Lisa melaju ke babak 16 besar usai tumbangkan Jansen/Efler
Baca juga: 10 wakil Indonesia ramaikan peta persaingan hari ke-3 Kejuaraan Dunia

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *