PLN Batam rapikan kabel-kabel kusut yang terbentang di jalan perumahan

by -535 views
pln-batam-rapikan-kabel-kabel-kusut-yang-terbentang-di-jalan-perumahan

Adapun kegiatan merapikan kabel-kabel tersebut dilaksanakan dengan menyusun kabel-kabel tersebut dalam lajur khusus…

Batam (ANTARA) – PT PLN Batam merapikan kabel-kabel kusut yang terbentang di sepanjang jalan-jalan yang berada di beberapa komplek perumahan di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Direktur Bisnis dan Pengembangan Usaha PT PLN Batam Khairullah mengatakan adanya kegiatan merapikan kabel-kabel tersebut menindaklanjuti keluhan masyarakat di Kota Batam terkait kabel jaringan listrik pada sebagian tiang yang tidak rapih.
 
“Adapun kegiatan merapikan kabel-kabel tersebut dilaksanakan dengan menyusun kabel-kabel tersebut dalam lajur khusus, sehingga akan mempermudah pemilik kabel yaitu penyedia layanan TV kabel ataupun penyedia layanan internet dalam melakukan pemeliharaan kabel mereka,” ujar Khairullah dari keterangan yang diterima di Batam, Selasa. 

Dia menyebutkan kegiatan merapikan kabel-kabel tersebut dilakukan oleh tim penataan jaringan telematika PLN Batam selama dua minggu.
 
Khairullah menambahkan pemeliharaan yang dilakukan pada jaringan PLN Batam dilakukan pada kabel-kabel yang sebelumnya kusut, kemudian ditata ulang agar lebih mudah terdeteksi.

Baca juga: PLN Batam sebut pemulihan pembangkit listrik tidak ganggu pelayanan
 
”Sebagian besar jaringan listrik di Kota Batam sudah menggunakan jaringan listrik bawah tanah. Namun masih ada beberapa perumahan yang menggunakan jaringan dari tiang listrik,” katanya.

Selain kabel Saluran Tegangan Rendah (STR) milik PLN Batam, lanjutnya, pada tiang juga terdapat banyak kabel-kabel lainnya untuk layanan telematika, telekomunikasi, kabel penyedia layanan TV kabel, dan penyedia internet, beserta peralatan-peralatan untuk layanan tersebut.

Dia berharap penataan ini dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat, sehingga dapat menghindarkan masyarakat dari kecelakaan jika kabel tersebut mengendur ke bawah, yang dapat mengenai warga sekitar ataupun menyebabkan korsleting arus listrik.
 
”Kami juga mengimbau kepada pemilik-pemilik kabel telematika yang menggunakan tiang-tiang listrik PLN Batam, agar sebelum memasang kabel telematika supaya berkoordinasi terlebih dahulu dengan PLN Batam guna efektifitas pengaturan penyusunan kabel telematika tersebut,” ucapnya.

Baca juga: PLN sediakan layanan listrik superpremium dukung industri di Batam
Baca juga: PLN UID Jakarta Raya perbanyak kabel bawah tanah

 

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *