PPI ajak anggotanya mainkan peran strategis untuk masa depan Indonesia

by -602 views
ppi-ajak-anggotanya-mainkan-peran-strategis-untuk-masa-depan-indonesia

Jakarta (ANTARA) – Caretaker Alumni Connect Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia Choirul Anam mengajak pelajar Indonesia di luar negeri memainkan peran strategis dalam membentuk masa depan Indonesia pada Simposium PPI Dunia XV di Rotterdam, Belanda, Rabu.

Menurut dia, PPI Dunia adalah salah satu organisasi pelajar dengan sumber daya manusia (SDM) yang mampu membaca masalah global.

“Hal ini penting untuk menjadi bagian masyarakat internasional yang membesarkan nama Indonesia, ” kata Choirul dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Terlebih Indonesia memiliki bonus demografi, yaitu populasi dengan proporsi besar penduduk yang berada dalam kelompok usia produktif yang dipandang oleh berbagai negara sebagai sebuah keuntungan.

Untuk itu, Choirul mengajak para anggota PPI untuk mengambil peran strategis dalam memaksimalkan manfaat dari bonus demografi tersebut.

“Peran alumni maupun PPI Dunia bisa memanfaatkan bonus demografi ini demi memberikan nilai tambah ekonomi,” jelas dia.

Salah satu nilai tambah itu, menurut Choirul, adalah memberikan masukan kebijakan kepada pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM, pendidikan, dan kesejahteraan.

Dia juga mengatakan bahwa potensi PPI yang terdiri dari para pelajar unggul yang mendapat paparan dari dunia pendidikan bertaraf internasional dapat memberikan rekomendasi berharga kepada pemerintah Indonesia, seperti studi banding, lesson learned, praktik terbaik dari negara lain.

Peran strategis PPI ini sejalan dengan arahan Wapres Mar’ruf Amin yang menginginkan pelajar Indonesia di luar negeri berkontribusi secara ekonomi dan memberi rekomendasi kebijakan.

“Dalam mewujudkan visi besar menjadi negara maju di tengah tantangan dan krisis saat ini, bangsa kita semakin membutuhkan ahli di berbagai bidang,” ucap Wapres Ma’ruf dalam Konferensi Pembentukan Forum Alumni Connect PPI Dunia pada 25 Mei lalu.

Baca juga: Simposium Internasional XV PPI Dunia usung tema “A Nation Reimagined”

Baca juga: Alumni Connect PPI Dunia sepakat bentuk wadah alumni pelajar

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *