in

Refleksi Harlah Nahdlatul Ulama ala CEO Alvara Research Center

Refleksi Harlah Nahdlatul Ulama ala CEO Alvara Research Center

Purwakarta, cipulusnews.com – Nahdlatul Ulama (NU) akan berulang tahun pada Sabtu 31/01/2021. Genap 95 tahun sejak pertama kali didirikan tahun 1926 tentu Banyak hal yang telah dilakukan atau diperjuangkan oleh Jamaah ataupun Jamiyyah NU untuk kemaslahatan agama dan bangsa.

Aktifis Muda NU sekaligus CEO lembaga penelitian Alvara Research Center Hasanudin Ali memaparkan dalam salah satu unggahan di media sosialnya menjelaskan bahwa sebagai sebuah organisasi, ada tiga hal pokok yang harus dilakukan oleh NU. Pertama adalah management organisasi, kemudian orientasi sebagai pelayan ummat, dan yang terakhir adalah penguatan Sumber Daya Manusia Warga Nahdliyin.

Berikut tulisan lengkap Hasanudin Ali dalam salahsatu unggahannya di Facebook:

Besok 31 Januari 2021 NU merayakan hari lahirnya yang ke 95 versi tahun masehi, artinya tinggal 5 tahun lagi NU berusia satu abad. Lalu apa yang harus dipersiapkan oleh NU untuk memasuki abad kedua nya?

Menurut saya ada tiga hal pokok yang harus dilakukan. Tentu ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan dari tepian NU.

1. Manajemen Organisasi.

Orang sering lupa bahwa NU bahwa NU adalah organisasi ulama, bukan sekedar organisasi massa pada umumnya, karena itu selalu muncul paradigma soal relasi antara jam’iyah dan jamaah, leaders dan followers, kyai dan umat yang tidak bisa kita hindarkan dan akan terus terjadi. Ini yang kemudian oleh beberapa orang sering didikotomikan antara NU struktural dan NU Kultural.

Jam’iyah harus diperkuat dari sisi manajemen kelembagaan yang lebih transparan, check and balance adalah kuncinya. Otoritas keulama’an harus lebih menonjol sehingga jama’ah memiliki “kenyamanan” dalam mengikuti setiap kebijakan jam’iyah.

2. Berorientasi Pelayanan Umat.

Setiap program NU harus menempatkan umat sebagai poros utamanya, layanan keagamaan dan sosial kemasyarakatan NU harus dirasakan secara nyata oleh masyarakat luas.

3. Penguatan SDM Nahdliyin

Kompetensi nahdiliyin yang semakin beragam, tidak hanya agama, mereka harus lebih banyak diberi ruang untuk beraktualisasi menyumbangkan ide dan gagasannya. Kebutuhan nahdliyin kedepan tidak lagi melulu soal agama, tapi juga soal ekonomi, teknologi, dan kebutuhan dasar lainnya, karena itu sumbangsih dari para diaspora nahdliyin dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan.

Selamat ber Harlah ke 95 Nahdlatul Ulama, tetaplah menjadi mercusuar, penerang dalam gelap, dan selalu membawa kabar kebaikan untuk semua. (Red)

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0
PW Fatayat NU Jawa Barat Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Longsor di Sumedang

PW Fatayat NU Jawa Barat Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Longsor di Sumedang

Menjemput Satu Abad NU: Tantangan dan Tanggung Jawab Kebangsaan

Menjemput Satu Abad NU: Tantangan dan Tanggung Jawab Kebangsaan