Sempat Kekurangan Air, Sri Baduga Dibuka Lagi

by -204 views
sempat-kekurangan-air,-sri-baduga-dibuka-lagi
MAU BEROPERASI LAGI: Setelah gagal dioperasikan pada 22 Juli 2023 lalu karena kekurangan air, pertunjukan air mancur Sri Baduga di Sirtu Buleud direncanakan bakal dilakukan pada 5 dan 12 Agustus 2023 mendatang. Sejulmah persiapan telah dilakukan, termasuk menjajalnya. Ribuan tiket gratis sduah disiapkan.

PURWAKARTA, RAKA – Setelah sempat gagal dioperasikan pada puncak Hari Jadi Purwakarta karena kekurangan pasokan air, Taman Air Mancur Sri Baduga direncanakan bakal beroperasi lagi pada 5 dan 12 Agustus 2023 mendatang.
Pameran air menari-nari di Situ Buleud itu masih bagian dari rangkaian Hari Jadi Purwakarta ke-192 dan Kabupaten ke-55. Masyarakat yang berniat menyaksikan air mancur bisa memperoleh tiket masuk secara online maupun offline.
“Untuk mendapatkan tiket offline bisa datang ke Galeri Menong dan Radio Pro 93,1 FM. Kalau online bisa akses Ogan Lopian,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta Acep Yulimulya, Selasa (1/8).
Acep mengaku menyiapkan 5.000 tiket yang bisa diperoleh secara gratis, masyarakat cukup membawa fotocopy KTP ketika ke lokasi yang telah ditentukan. “Satu fotocopy KTP bisa mendapatkan dua tiket masuk. Pengambilan mulai hari Rabu besok,” katanya.
Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta terpaksa batalkan penayangan Air Mancur Sri Baduga karena debit air surut akibat musim kemarau panjang. Debit air di Situ Buleud kembali normal dan pemerintah pun sudah melakukan uji coba sebelum nantinya dioperasikan pada 5 dan 12 Agustus 2023 mendatang.
“Awalnya pada 22 Juli air mancur mau dioperasikan, tapi ketersediaan debit air tidak memungkinkan jadi kita batalkan. Sekarang debit air di Situ Buleud cukup dan air mancur bisa kita operasikan,” kata Sekda Purwakarta Norman Nugraha.
Norman mengatakan bahwa sudah melakukan uji coba operasikan air mancur kemarin malam. Hasilnya, diketahui ada peralatan yang menjadi soal. Namun, kini sudah diperbaiki dan secara umum dalam kondisi baik. “Peralatan penunjang sudah siap. Air juga sudah mencukupi,” kata dia.
Dia menyebut penayangan air mancur direncanakan pada 5 dan 12 Agustus 2023 mendatang. Setiap penayangan akan dibagi dua sesi mengingat ketersediaan bangku penonton terbatas. “Setiap sesi kita sediakan 5.000 tiket. Tiket bisa diperoleh secara gratis yang nanti kita fasilitasi secara online,” katanya. (gan)

Mang Raka

Gravatar Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *