Timnas esport siap bertolak ke Rumania untuk kejuaraan dunia IESF 2023

by -587 views
timnas-esport-siap-bertolak-ke-rumania-untuk-kejuaraan-dunia-iesf-2023

Jakarta (ANTARA) – Tim nasional esport Indonesia siap bertolak ke Rumania untuk mengikuti kejuaraan dunia IESF 15th World Esports Championships 2023 yang digelar pada 24 Agustus-4 September.

Ketua Badan Tim Nasional untuk IESF 15th World Esports Championships 2023 Eddy Lim mengatakan bahwa timnas esport akan berangkat pada 22 Agustus, dan akan kembali ke Tanah Air pada 5 September.

“Adapun total atlet 18 orang, pelatih 11 orang,” kata Eddy Lim dalam acara pelepasan timnas esport untuk IESF 2023 di Kantor Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Jakarta, Minggu.

Baca juga: Timnas CS:GO lolos kualifikasi Asia Pasifik menuju IESF World Esports

Timnas esport Indonesia akan turun pada lima nomor, yaitu CS:GO Putra, Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), DOTA 2, eFootball, serta Tekken 7. Persiapan untuk mengikuti ajang tersebut telah dimulai dengan pemusatan latihan (pelatnas) sejak 1 Juli. Khusus untuk CS:GO putra, pelatnas telah dilakukan lebih awal pada 10 Juni 2023.

Lebih lanjut, Eddy merinci CS:GO putra terdiri dari lima atlet dan dua pelatih, MLBB dengan lima atlet, satu cadangan dan tiga pelatih, DOTA 2 dengan lima atlet dan dua pelatih, eFootball dengan satu atlet dan dua pelatih, Tekken 7 dengan satu atlet dan dua pelatih.

Sementara itu, jumlah kontingen Indonesia yang akan berangkat dan mendampingi para atlet untuk berkompetisi dalam IESF di Rumania sebanyak 13 orang, yang terdiri dari ketua dan wakil badan timnas IESF, manajer timnas dan wakilnya, serta tim pendukung.

“Kompetitor yang kami hadapi adalah atlet-atlet dari 140 negara yang merupakan negara-negara yang mewakili seluruh dunia, dan merupakan hasil dari qualifier antarbenua,” ujar Eddy.

“Kami meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Indonesia agar Indonesia bisa mempertahankan gelar juara umum,” imbuhnya.

Baca juga: Enam tim wakili Indonesia di ajang PUBG Mobile Super League SEA Fall

Indonesia keluar sebagai juara umum dalam edisi sebelumnya IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 yang digelar di Merusaka, Nusa Dua, Bali, akhir tahun lalu.

Pada saat itu, Skuad Merah Putih yang turun pada tujuh game yang dipertandingkan meraih tiga emas dari nomor DOTA 2, eFootball, dan Mobile Legends: Bang-Bang, serta satu perunggu dari nomor CS:GO Putri.

Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo optimistis timnas Indonesia dapat kembali mencapai prestasi sebagai juara umum dalam ajang tersebut.

“Dari tujuh nomor, kami mengikuti lima nomor pertandingan. Kami harapkan minimal tiga medali emas. Oleh karena itu, saya mengharapkan para atlet dan manajemen yang mengelola betul-betul dipersiapkan sebaik-baiknya,” kata Bambang.

“Jaga kesehatan, jaga kemampuan selama pertandingan, jangan sampai terganggu karena situasi yang berbeda di sini dan di sana, mampu beradaptasi, mampu menjaga kekompakan. Lawan-lawan Anda tim terbaik dunia, kita sudah pernah melakukan itu, tunjukkan kehebatan itu kembali membawa medali emas,” pungkasnya.

Baca juga: Ega Rahmaditya wakili Indonesia nomor FIFA Online 4 di RDAG 2022 Seoul

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *