Timnas Putri cetak sejarah lagi, pertama tembus Divisi A basket Asia

by -614 views
timnas-putri-cetak-sejarah-lagi,-pertama-tembus-divisi-a-basket-asia

Jakarta (ANTARA) – Timnas Bola Basket Putri Indonesia lagi-lagi mencetak sejarah dengan memenangkan kompetisi Piala Asia FIBA Putri 2023 Divisi B usai mengalahkan Iran, dan berhasil menembus divisi utama atau Divisi A bola basket Asia untuk pertama kalinya.

Timnas Putri mengalahkan Iran dalam laga yang sengit dengan skor akhir 55-54 pada pertandingan final Piala Asia FIBA Putri 2023 Divisi B yang digelar di Nimibutr Stadium Bangkok, Thailand, Sabtu.

“Kami bangga padamu Timnas Putri. Juara FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B dan promosi ke Divisi A,” kata Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dalam keterangan tertulis.

Pada Divisi A, Timnas Bola Basket Putri Indonesia akan berkompetisi pada level yang sama dengan Jepang, China, Australia, Filipina, dan Korea Selatan.

Dalam kompetisi ini, Timnas Putri tak pernah terkalahkan di seluruh lima pertandingan yang dijalaninya di fase grup, semi final, dan final.

Bahkan jika dirunut lagi ke belakang, yakni pada enam laga di SEA Games Kamboja 2023, Timnas Bola Basket Putri tak terkalahkan sejak 11 pertandingan terakhirnya di level internasional.

Pencapaian promosi ke Divisi A tidak didapatkan dengan mudah oleh Timnas Putri. Lawannya di partai final, yakni Iran, memberikan persaingan yang sangat ketat bahkan hingga detik-detik akhir.

Sudah sejak awal Indonesia ditekan oleh Iran yang berhasil unggul di babak pertama. Kuarter ketiga menyajikan laga yang sangat sengit dengan kedua tim yang saling menyusul angka.

Namun Indonesia bisa keluar dari tekanan di akhir kuarter tiga dengan skor 43-39. Di kuarter terakhir, Timnas Putri sebenarnya bisa menjaga selisih poin hingga 9 angka.

Akan tetapi Iran mampu memperkecil jarak hingga menjadi 1 poin saja di sisa 15 detik waktu pertandingan. Beruntung Henny Sutjiono dan kawan-kawan bisa menjaga keunggulan hingga laga usai.

Nathania Claresta Orville menjadi pencetak poin terbanyak dengan 16 angka, yang 12 di antaranya dibuat lewat tembakan tripoin dengan akurasi 80 persen.

Kimberley Pierre-Louis mencatat dwiganda dengan 11 poin dan 14 rebound. Agustin Gradita Retong menyumbang 7 poin dengan 9 assist.
Baca juga: Menang atas Iran, timnas putri Indonesia ke semifinal Piala Asia FIBA
Baca juga: Basket putri ukir sejarah pastikan raih emas SEA Games 2023
Baca juga: FIBA setujui usulan Indonesia adakan liga bola basket putri ASEAN

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *