Timnas Putri raih kemenangan kedua di Piala Asia FIBA

by -59 views
timnas-putri-raih-kemenangan-kedua-di-piala-asia-fiba

Jakarta (ANTARA) – Timnas Basket Putri Indonesia meraih kemenangan kedua di ajang Piala Asia FIBA 2023 Putri Divisi B meski Malaysia yang menjadi lawan tampil menekan pada laga yang digelar di Bangkok, Thailand, Senin.

Henny Sutjiono dan kawan-kawan menang 60-55 atas Malaysia pada pertandingan yang berjalan ketat sepanjang waktu itu.

Malaysia memang lawan yang kerap merepotkan Timnas Bola Basket Putri. Namun, perlawanan Malaysia sejak kuarter awal hingga berakhirnya laga mampu dikendalikan sehingga Indonesia mengemas kemenangan kedua pada gim yang digelar di Nimibutr Stadium Bangkok, Thailand, itu.

Kejar-kejaran poin terus terjadi sepanjang kuarter pertama hingga akhirnya Indonesia unggul di 19-18. Memasuki kuarter kedua, Malaysia semakin agresif memproduksi poin.

Pertandingan berlangsung ketat hingga membuat jarak poin kedua tim kerap hanya setengah bola. Namun Timnas Indonesia tetap masih unggul di kuarter kedua itu dengan kedudukan 36-35.

Usai turun minum, persaingan ketat masih terjadi antara kedua tim. Pada akhir kuarter ketiga Malaysia berhasil mencuri keunggulan meski sangat tipis dengan skor 48-47.

Memasuki kuarter akhir, timnas Indonesia berhasil merebut kembali keunggulan lewat tembakan dua angka Kimberley Pierre-Louis tembakan tripoin Clarita Antonio sehingga kedudukan berubah jadi 48-52.

Malaysia mencoba menolak kalah. Mereka terus bermain agresif dan berusaha melakukan berbagai percobaan dan sempat membuntuti hingga selisih satu angka, 55-56. Namun kematangan permainan Timnas Indonesia membuat mereka mampu keluar sebagai pemenang.

Baca juga: Timnas putri menang lawan Mongolia di laga pertama Piala Asia FIBA

Di pertandingan ini, Kimberley Pierre-Louis menjadi pencetak poin terbanyak sekaligus mencatat dwi-ganda dengan 22 poin dan 12 rebound. Selain Kimberley, Clarita juga menyumbang 11 poin bagi Indonesia.

Usai pertandingan, Pelatih Timnas Putri Marlina Herawan mengatakan Henny Sutjiono dkk harus siap mengantisipasi serangan cepat lawan.

“Tapi kondisi di lapangan ternyata Malaysia malah mengubah permainan mereka menjadi lambat, dan itu sempat membuat Indonesia terlena di tiga kuarter awal,” katanya.

Dengan tekanan yang semakin berat di kuarter keempat coach Marlina meminta para pemain mengubah cara bertahan. 

“Cara itu akhirnya membuahkan kemenangan,” katanya.

Dengan kemenangan kedua ini, Indonesia menduduki peringkat dua di Grup A Piala Asia FIBA 2023 Putri Divisi B. Iran yang juga mengemas dua kali menang di ajang ini menempati posisi pertama klasemen grup karena lebih banyak dalam mencetak angka.

Selanjutnya, Timnas Putri akan berhadapan dengan Iran pada Selasa (15/8) besok di Nimibutr Stadium Bangkok, Thailand.

Baca juga: Indonesia kalah 90-74 dari India di Prakualifikasi Olimpiade 2024
Baca juga: Tim bola basket Indonesia harus “gaspol” sejak awal lawan Arab Saudi

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *