Transaksi QRIS di Balikpapan mencapai Rp115 miliar lebih

by -543 views
transaksi-qris-di-balikpapan-mencapai-rp115-miliar-lebih

Jumlah tersebut adalah 49,3 persen dari keseluruhan transaksi via QRIS di seluruh Kalimantan Timur.

Balikpapan (ANTARA) – Transaksi lewat sistem pembayaran non tunai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Balikpapan dan sekitarnya mencapai Rp115 miliar lebih sepanjang Januari hingga Juli 2023.

“Jumlah tersebut adalah 49,3 persen dari keseluruhan transaksi via QRIS di seluruh Kalimantan Timur. Tren penggunaan QRIS memang terus meningkat,” kata Kepala Perwakilan BI Balikpapan R Bambang Setyo Pambudi, Senin.

Bambang berharap kebijakan BI yang menetapkan tarif MDR/Merchant Discount Rate) sebesar 0 persen bagi usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) untuk transaksi hingga Rp100.000 semakin meningkatkan transaksi QRIS.

Tarif MDR saat ini adalah 0,3 persen untuk usaha mikro dan 0,7 persen untuk usaha non mikro. Tarif tersebut dibebankan kepada pedagang yang menerima pembayaran. Pedagang tidak boleh juga menjadikannya sebagai komponen biaya yang mempengaruhi harga jual.

Bambang melanjutkan, pada QRIS juga terus dilakukan pengembangan, seperti yang diperkenalkan pada peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023 lalu, yaitu QRIS TUNTAS, QRIS yang bisa digunakan untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai.

QRIS juga sudah bisa digunakan di Thailand dan Malaysia dan sedang diujicoba dengan Singapura.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan akseptansi dan inovasi dalam perluasan QRIS, sehingga dapat memperlancar transaksi ritel di masyarakat dan mendukung penguatan ekonomi Indonesia,” kata Bambang.

Pada akhir pekan lalu, Sabtu (19/8), BI Balikpapan menggelar Pekan QRIS Nasional (PQN) Tahun 2023. BI Balikpapan menjadi bagian dari upaya mewujudkan 45 juta pengguna QRIS baru secara nasional.

PQN tahun 2023 di Kota Balikpapan diisi dengan berbagai kegiatan edukasi QRIS dan ekonomi keuangan digital, antara lain pada mahasiswa ITK, UMKM di Babulu, Kabupaten PPU, UMKM di Balikpapan maupun dengan berbagai talkshow di media elektronik.

PQN juga dimeriahkan dengan berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya adalah Fun Bike Gowes 45, lomba dangdut fun, lomba fashion show anak, lomba reels instagram, lomba foto unik serta lomba transaksi Manuntung QRIS untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam bertransaksi menggunakan QRIS yang Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Andal. 
Baca juga: Kemenaker ajak pengusaha ciptakan SDM andal untuk generasi Aceh
 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *