Wamenlu Pahala jadi “nakhoda” diplomasi ekonomi Indonesia

by -776 views
wamenlu-pahala-jadi-“nakhoda”-diplomasi-ekonomi-indonesia

Jakarta (ANTARA) – Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Nugraha Mansury diberi tugas besar untuk mengawal isu-isu terkait diplomasi ekonomi Indonesia.

“Melihat pada kepakaran beliau di aspek korporasi dan pengalaman di BUMN, sehingga sangat tepat untuk nantinya menakhodai aspek diplomasi ekonomi,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah di Jakarta, Kamis.

Pasca dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Juli lalu, Pahala disebutnya telah diterima dan mengikuti rapat pertama dengan Menlu Retno Marsudi beserta seluruh jajaran Kemlu RI.

“Beliau baru minggu ini bekerja di Kemlu dan baru pada tahap mengenal apa yang menjadi tugas-tugas dan pending issues yang sekarang dihadapi oleh Kemlu,” ujar Faizasyah.

“Tetapi secara jelas Ibu Menlu telah memberi porsi penugasan yang lebih besar pada isu-isu diplomasi ekonomi,” ujar dia menambahkan.

Sebelum ditunjuk menjadi Wamenlu, Pahala Mansury merupakan wakil menteri BUMN sejak Desember 2020.

Pria kelahiran Bogor, 8 April 1971 itu memiliki sederet pengalaman profesional, termasuk mengisi berbagai posisi penting di BUMN.

Pahala pernah bertindak sebagai direktur utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) 2019-2020, direktur keuangan PT Pertamina (Persero) pada 2018-2019, direktur utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pada 2017-2018, direktur treasury & market PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada 2015-2017, serta menjadi profesional di berbagai konsultan internasional.

Pahala menjanjikan pengalaman korporat dan ekonominya akan dimanfaatkan sebagai modal dalam mengemban tugas baru di Kementerian Luar Negeri RI.

Lulusan akuntansi dari Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia itu mengaku mendapat arahan khusus dari Presiden Joko Widodo dalam menjalankan strategi meningkatkan perdagangan dan investasi internasional.

“Memang kan, tantangan ke depan (adalah) bagaimana meningkatkan hubungan perekonomian antara negara kita dengan negara-negara lainnya,” kata Pahala kepada wartawan usai dilantik.

Baca juga: Pahala: Pengalaman di BUMN jadi modal untuk tugas baru sebagai Wamenlu

Baca juga: Pahala Mansury, dari bankir jadi wakil menteri luar negeri

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *