WNI antusiastis ikuti upacara Kemerdekaan RI di Kuala Lumpur

by -12 views
wni-antusiastis-ikuti-upacara-kemerdekaan-ri-di-kuala-lumpur

Kuala Lumpur (ANTARA) – Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) antusiastis mengikuti perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Kamis, yang dimulai pada pukul 9.30 waktu setempat dan dipimpin oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Malaysia Hermono.

Seorang WNI bernama Sila dan perwakilan organisasi masyarakat dari Nusa Tenggara Timur, bahkan sudah bersiap sejak pukul 06.00 waktu setempat untuk mengikuti upacara itu.

Sila yang sudah 11 tahun bekerja di salah satu restoran di Kuala Lumpur berharap Indonesia semakin maju dan mendoakan rekan-rekan pekerja migran semakin semangat dan sukses.

Dalam upacara yang diikuti pula oleh Wakil Kepala Perwakilan RI di Malaysia Rossy Verona, para atase dan jajaran di KBRI Kuala Lumpur yang sebagian mengenakan pakaian adat nusantara itu, Hermono dan Kiki Hermono sang istri mengenakan pakaian adat Suku Sasak dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Ini baju adat Suku Sasak dari Lombok. Ini cukup menarik, karena tidak banyak masyarakat di sini kenal, sementara di sini pun banyak pekerja-pekerja dari NTB. Jadi supaya mereka ada kebanggaan,” kata Hermono.

Baca juga: Ukuran sukses Pemilu 2024 untuk Kuala Lumpur

Sekitar 50 orang perwakilan organisasi masyarakat Indonesia di Malaysia mengikuti upacara ini, selain perwakilan 12 partai politik yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum 2024, perwakilan BUMN di Malaysia, 10 atlet taekwondo, pasukan penjaga perdamaian RI, perwakilan murid-murid Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), dan perwakilan Persatuan Pelajar Indonesia.

18 murid SIKL mendapat tugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk mengibarkan Merah Putih dalam upacara yang berlangsung sekitar 20 menit dan dilanjutkan acara yang dihadiri oleh seluruh tamu undangan dan staf kedutaan besar.

Syukuran juga dimeriahkan dengan berbagai pementasan seni musik oleh mahasiswa Indonesia di Malaysia, tari dari murid SIKL dan bela diri dari atlet taekwondo yang sedang bertanding di Malaysia, serta sajian rasa Indonesia seperti ayam lado ijo dan sate madura.

KBRI juga sudah menggelar berbagai lomba memeriahkan HUT ke-78 RI, seperti makan kerupuk oleh anak-anak WNI di Kuala Lumpur.

Baca juga: KBRI Kuala Lumpur salurkan bantuan WNI korban kebakaran Sungai Buloh

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2023

webmaster

Gravatar Image

Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Tentang Penulis : webmaster

Gravatar Image
Santri Nderek Kyai Mawon. Urip mung numpang sujud sing apik. Gak usah ngatur Tuhan, yang penting selaluu optimis dan penuh harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *